Rabu, 02 September 2009

Rahasia di balik sholat tahajjud

Pada saat seseorang menggelar sajadah untuk menunaikan shalat tahajud, ia berada dalam kondisi layaknya orang yang melakukan meditasi dan relaksasi. jika kita pernah mendengar lirik lagu tombo ati yang didendangkan budayawan kondang emha ainun nadjib bersama kelompok musik kiai kanjeng, tahajud disebut sebagai salah satu pengobat hati. sebab shalat sunah yang ditunaikan di keheningan malam itu, mengantarkan orang yang menunaikannya menjadi lebih dekat dengan allah. hati yang dekat dengan tuhannya adalah hati yang damai.

orang yang rindu tahajud adalah orang yang mempunyai kadar keikhlasan lebih. ia rela untuk menghentikan kelelapan tidurnya dan bersimpuh pada sang khalik. alquran memuji mereka dengan menyebutnya sebagai orang-orang yang menjauhkan lambungnya dari tempat peraduan.

tahajud diketahui sebagai ibadah yang ditunaikan pada malam hari, saat setiap orang mengistirahatkan tubuhnya dari kelelahan aktivitas di siang hari. banyak kalangan menyatakan bahwa idealnya masa tidur di malam hari adalah enam hingga delapan jam. tidur di malam hari akan memberikan energi baru bagi seseorang untuk melakukan aktivitasnya di pagi hingga siang hari.

namun kemudian muncul sebuah pendapat lain dari seorang ilmuwan bernama ray meddis. ia menyatakan bahwa masa tidur yang sempurna hanyalah tiga hingga empat jam setiap harinya. seseorang akan mengalami deep slep sekitar tiga hingga empat jam saja. tentu seorang muslim mampu memanfaatkan sisa masa tidur itu untuk memadu cinta dengan tuhannya, melalui shalat tahajud.

“bangunlah untuk shalat di malam hari kecuali sedikit daripadanya. yaitu seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit atau lebih dari seperdua itu. dan bacalah alquran dengan perlahan-lahan.” (al-muzammil [73]: 2-4).

seorang ilmuwan muslim asal mesir, fadhlalla haeri, menyatakan bahwa ayat tersebut memberikan panduan bagi muslim untuk mencapai keseimbangan. di sisa masa istirahatnya, tiga jam masa efektif tidur malam, maka ia pun semestinya bangun untuk menjalankan aktivitas yang bermanfaat. bangun di waktu malam adalah salah satu aktivitas yang memberikan manfaat.

ia menambahkan, pada saat itu energi did lam tubuh seseorang berada dalam kondisi rndah. selain itu, medan refleksi juga begitu bersih. dalam tradisi india, kondisi seperti itu disebut sebagai tahap pembentukan kesadaran yang terjadi pada titik energi ketujuh atau cakra mahkota. dampaknya, akan meningkatkan intuisi seseorang dan kesadaran diri untuk mampu mengendalikan emosi negatif.

menurut haeri, pada saat seseorang menggelar sajadah untuk menunaikan shalat tahajud, ia berada dalam kondisi layaknya orang melakukan meditasi dan relaksasi atas kelenjar pineal. ini akan menspiritualkan intelektual sesorang disertai dengan kemampuan personal untuk selalu mendekatkan diri kepada allah serta menjalin hubungan yang harmonis dengan sesamanya.

tak hanya itu, pada saat matahari terbenam, kelenjar pineal mulai bekerja dan memproduksi hormon melatonin dalam jumlah besar dan mencapai puncaknya pada pukul 02.00 hingga 03.00 dini hari. hormon inilah yang kemudian menghasilkan turunan asam amino trytophan dalam jumlah besar pula.

tahukah anda? tahajud menjadi sarana untuk mempertahankan melatonin dalam jumlah yang stabil.

hormon melatonin akan membentuk sistem kekebalan dalam tubuh dan membatasi gerak pemicu tumor seperti estrogen. haeri mengungkapkan bahwa pada masa kanak-kanak melatonin yang ada di dalam tubuh berjumlah 120 picogram. namun jumlah tersebut akan semakin menurun pada usia 20 30 tahun. selain secara alamiah, pengurangan jumlah melatonin di dalam tubuh juga diakibatkan adanya pengaruh eksternal, seperti: tidur larut, medan elektromagnetik, dan polutan kimia misalnya pestisida, yang pada akhirnya menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi dan sakit kepala. pada titik tertentu bahkan menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh.

kafein yang terkandung di dalam kopi, teh hitam, dan soda tertentu juga akan menyebabkan kemampuan antioksidan melatonin berkurang. keadaan ini akan membahayakan sel-sel tubuh saat seseorang tengah terjaga. dengan demikian, kata haeri, yang harus menjadi perhatian adalah bukan kuantitas tidur seseorang untuk memberikan kebugaran pada tubuh, tetapi justru kualitas tidur. tiga jam adalah waktu yang cukup untuk itu.

tahajud tidak hanya memberikan pengaruh pada posisi melatonin. gerakan ibadah di sepertiga malam terakhir ini juga memberikan pengaruh tertentu pada tubuh. setidaknya, pada saat berdiri tegak dan mengangkat takbir secara tidak langsung akan membuat rongga toraks dalam paru-paru membesar. ini akan menyebabkan banyak oksigen yang masuk ke dalamnya. ada kesegaran yang dirasakan ketika seseorang dapat menghirup udara segar ke dalam paru-parunya di keheningan malam itu. pada saat sujud, seluruh berat dan daya badan dipindahkan sepenuhnya pada otot tangan, kaki, dada, perut, leher, dan jari kaki. proses ini dilakukan berulang-ulang sesuai jumlahrakaat shalat tahajud yang kita lakukan.

setelah oksigen masuk ke dalam paru-paru, oksigen diedarkan ke seluruh tubuh dengan lancar karena adanya pergerakan otot selama ruku’ dan sujud. selain itu, dalam shalat seseorang juga melakukan gerakan duduk di antara dua sujud dan tahiyat yang menyebabkan adanya gerakan tumit, pangkal paha, jari tangan, jari kaki, dan lainnya. tentu peredaran oksigen akan menjadi lancar.

dari blog :
--> http://nakasaha.blogspot.com/2008/02/rahasia-di-balik-sholat-tahajjud.html

30 komentar:

  1. subhanallah... sukanya. syukran!

    BalasHapus
  2. Minta doanya biar bisa latihan sholat tahhajud...n tetep istiqomah..AMIEEN...!!

    BalasHapus
  3. wiwinwidaningsih8 November 2009 06.02

    Ya Allah jadikan hamba salah satu dari hamba2MU yang cinta salat malam. Amin.

    BalasHapus
  4. subhanallah, allah memelihara umatnya diwaktu shalat tahajut.....

    BalasHapus
  5. Y allh jdikn sholat ini agr jwa n hti q tnang

    BalasHapus
  6. Ya Allah, kenapa aku sulit sekali melaksanakan sholat malam?

    BalasHapus
  7. subhanallah...
    ya rabb permudahkanlah kami untuk senantiasa melaksanakan shalat malam...

    BalasHapus
  8. Ya Allah Jadikan hamba, keluarga hamba dan orang-orang yang kucintai karenaMu menjadi orang-orang yang tetap istikomah, senang dan gemar melakukan Sholat sunah tahajud (7 sunnah nabimu) amin

    BalasHapus
  9. Ya ALLAH....sya akan berusha dengan seluruh kemampuan sya untuk menjalankan seluruh perintahMU termasuk solat malam dan dhuha, selama ini hati hamba tidak tenang karena jauh dariMU ya ALLAH....berikan hamba kekuatan...amiiiiien

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum wrwb.
    Semoga Anda selalu dalam rakmat dan hidayahMya.. saya ingin membaca isi tulisan ini tapi belum sempat... mohon maaf nanti akan aku sempatkan. kalau ada waktu silahkan mampir ke:
    https://masyono9.wordpress.com/wp-admin/
    Wass.wrwb

    BalasHapus
  11. subhanallah materi yag disampaikan sangat singkat,padat,jelas,intensif dan komprehensif..semoga allah swt melapngkan hati kita untuk selalu melakukan Qiyamul lail

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah,buka FB bisa menambah ilmu yg sangat bermanfaat, semoga saya bisa selalu melakukan sholat malam. matur nuwun.

    BalasHapus
  13. egha chibeemuthe4 Maret 2010 12.11

    subhanallah,, aq jd dpt tambahan ilmu dgn membaca situs ini...
    mudah2n aqu bisa sLLu menunaikan salat malam...
    amieeen...

    BalasHapus
  14. Joko Mulyanto20 Maret 2010 16.09

    Allahu Akbar, ulasan yang berkualitas dan mengena di hati, smoga kita senantiasa menjalankan qiyamul lail ini secara konsisten Amin Ya Rabb.,

    BalasHapus
  15. Tapi bagaimana ya kadang kalau malamnya sholat tahajud,malah bangun subuhnya kesiangan..? kasih tips nya dong..!!

    BalasHapus
  16. Allohu Akbar... betapa selama ini kami telah banyak berpaling dari-MU Ya Alloh...

    BalasHapus
  17. subhanallah,,, tak da yang lebih nkmat saat kita mnjlankan tahujd ... :D

    BalasHapus
  18. Jazakumullah atas taujihnya... sangat bermanfaat

    BalasHapus
  19. Gimana sih cara sholat malam yang benar ?

    BalasHapus
  20. Subhanallah,, membangkitkn semangaaatt u/ melakukan sholat tahajud ^_^

    BalasHapus
  21. Terima kasih telah memberi kami semangat untuk bertahajud kembali.

    BalasHapus
  22. Insya Allah aq harus bisa mulai rutin untuk sholat malam....

    BalasHapus
  23. insyaallah maqbul ....n jgn lupa innamal a'malu binniatnya....

    BalasHapus
  24. dengan niat yg kuat,insyallah kita bisa

    BalasHapus
  25. kenapa sampai sekarang aku masih saja sulit untuk melakukan sholat malam...??? apakah karena saya belum sepenuhnya ikhlas untuk melakukannya...??? tapi sampai kapan...........................????????

    BalasHapus
  26. Subhanallah ... gerakkanlah hati kamisupaya selalu ingat padamu ya ALLAH & selalu menjalankan sholat malam ....

    BalasHapus
  27. wah syabas tuan. bagus infomasi ini.. ayuh semua, bangunlah 2/3 malam..berat pada mulanya, rindu sesudahnya..tak pecaya cobalah. salam.

    BalasHapus
  28. sebagai pencerahan ............
    terima kasih .......

    BalasHapus
  29. Subkhanallah..
    walhamdulilah....

    Solat Tahajud selain ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.., juga mermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kita, mencegah timbulnya berbagai penyakit..

    dan merupakan salah satu cara pola hidup yang sehat jasmani maupun rohani..

    "mari kita terapkan ibadah solat tahajud ..!"

    BalasHapus

Loading...